Sabtu, 09 Agustus 2014

AS salurkan bantuan ke pengungsi di pegunungan Irak

AS

Tiga pesawat kargo AS menjatuhkan paket bantuan kepada pengungsi di pegunungan.

Amerika Serikat menyalurkan bantuan makanan dan air dari pesawat udara kepada ribuan warga Irak yang bersembunyi di pegunungan karena menghindari kelompok militan, kata Pentagon.

Dalam sebuah pernyataan, Pentangon mengatakan bantuan tersebut diantarkan oleh satu pesawat kargo C-17 dan dua C-130 yang secara keseluruhan bisa mengangkut 72 paket bantuan.

Bantuan dijatuhkan di pegunungan dekat kota Sinjar, di mana 50.000 orang dari sekte agama Yazidi melarikan diri ketika militan Daulah Islamiyah - yang sebelumnya dikenal dengan ISIS - menyerang wilayah itu.

Peluncuran bantuan ini dilakukan setelah AS melakukan Klik serangan udara kepada DI. Serangan ini menandai operasi militer pertama AS di Irak sejak penarikan pasukan pada 2011 lalu.

DI baru-baru ini telah menguasai wilayah baru di Irak utara dan kota Irbil, Kurdish, kini dalam ancaman.

Menanggapi serangan AS, DI tetap menantang dan seorang pejuang mengatakan kepada Reuters bahwa serangan "tidak berdampak pada kami".

Serangan udara dilakukan pertama kali pada Jumat (08/08).

"Pesawat menyerang target yang mereka anggap strategis, tapi ini bukan cara kami beroperasi. Kami dilatih untuk perang gerilya jalan," katanya.

Sementara itu, AS juta telah memberikan tekanan kepada para pemimpin Irak bersatu melawan kelompok bersenjata itu.

Daulah Islamiyah telah menguasai sejumlah bagian Irak dan Suriah dan juga telah menyita bendungan terbesar Irak.


http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2014/08/140809_bantuan_as.shtml
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger