Senin, 08 September 2014

Intimidasi saudara tingkatkan depresi

Anak yang dirundung akan mengalami depresi dan cenderung menyakiti diri sendiri.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford menunjukkan bahwa intimidasi yang dilakukan oleh saudara kandung semasa kanak-kanak dapat meningkatkan risiko depresi ketika seseorang beranjak dewasa.

Kajian dilakukan tim peneliti Universitas Oxford, Warwick dan Bristol dan University College London kepada sekitar 7.000 anak-anak berusia 12 dengan menanyakan apakah saudara kandung mereka pernah mengatakan hal-hal yang menyakitkan, memukul, mengabaikan atau berbohong kepada mereka.

Kesehatan mental anak-anak itu kemudian ditindak lanjuti ketika mereka berusia 18 tahun.

Ketika pertanyaan diajukan, sebagian besar anak mengaku tidak mengalami intimidasi dan perundungan (bullying). Saat mereka berusia 18 tahun, 6,4% responden mengalami depresi klinis, 9,3% mengalami kecemasan, dan 7,6% cenderung menyakiti diri sendiri.

Persentase itu jauh lebih tinggi pada 786 remaja berusia 18 tahun yang sewaktu kanak-kanak mengaku diintimidasi dan dirundung saudara kandung mereka.

Sebanyak 12,3% responden dari kelompok itu mengalami depresi klinis, 14% menyakiti diri sendiri, dan 16% mengalami kecemasan.

Dari kajian itu, anak perempuan dilaporkan lebih sering menjadi korban ketimbang anak laki-laki, khususnya di keluarga dengan lebih dari tiga anak.

Abang laki-laki cenderung yang menjadi pelaku perundungan. Adapun korban rata-rata mengalami perundungan pada usia 8 tahun.

Penelitian ini berkorelasi dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa sejumlah korban yang diintimidasi oleh rekannya sendiri lebih rentan terhadap depresi, kecemasan dan cenderung menyakiti diri sendiri.

Penelitian ini diklaim menjadi penelitian pertama yang membahas kasus intimidasi yang dilakukan oleh saudara kandung selama masa kanak-kanak yang dapat menyebabkan masalah kejiwaan pada pada awal beranjak dewasa.


http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2014/09/140908_majalah_sibling_bullying.shtml
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger